A. Heryanto

TAHUKAH ANDA?

Apa yang dimaksud dengan efek rumah kaca?
Bumi dihangatkan oleh sinar matahari. Sebagian panas itu kemudian dipantulkan kembali oleh planet kita dalam bentuk radiasi infra merah. Biasanya panas ini akan lenyap di angkasa, tapi gas-gas yang kita hasilkan (seperti uap bensin) telah menciptakan penghambat yang tak tampak di sekitar atmosfer kita dan sebagian panas infra merah tidak bisa melewatinya. Akibatnya, panas tetap berada dalam atmosfer kita dan sebagian menurut sebagian ilmuwan dapat menyebabkan planet kita semakin panas secara permanent. Hal ini diperkirakan akan mengubah iklim Bumi dan kemungkinan menyebabkan melelehnya es di kutub.

Apa Komputer Pertama ?

Selama berabad-abad, banyak mesin dan alat diciptakan untuk membantu manusia menyelesaikan hitungan yang rumit. Komputer pertama dizaman modern adalah ‘ Analytical Engine’ yang diciptakan Charles Baggage pada tahun 1834. Sayangnya, alat itu terlalu sulit dibuat oleh para ahli mesin zaman Victoria dan baru bisa dibuat pada tahun 1990-an, saat computer sudah banyak digunakan.

Bagaimana Sebuah Kota Diselamatkan Oleh Sepanci Sup?

Selam pengepungan Janewa, Swiss, pada abad ke-16, seorang ibu rumah tangga mendengar kalau musuh sedang memanjat tembok kotanya. Dia berusaha mencegah mereka masuk ke kota dengan menyiramkan sepanci sup ke arah mereka.

Perang Apa yang Tersingkat yang Tercatat Dalam Sejarah?

Pada pukul 09.02 tanggal 27 Agustus 1896, Inggris menyatakan perang melawan Zanzibar. Setelah 38 menit dibombardir, Sultan Zanzibar menyerah.

Perang Apa yang Terlama Dalam, Sejarah?

The Hundred Years’ War (perang 100 tahun) antara Perancis dan Inggris pada tahun 1377. Meski dikenal dengan nama Perang 100 tahun, tapi perang itu sebenarnya berlangsung selama 116 tahun.

Bagaimana Penamaan Hari?

Empat dari nama hari dalam seminggu yang kita gunakan berasal dari bahasa Skandinavia, sedangkan yang lain berasal dari bintang di langit. Nama Sunday (Minggu) untuk menghormati sun (matahari);Monday (Senin) dari Moon (Bulan);Tuesday (Selasa) dari Tiw, dewa perang Skandinavia ;Wednesday (Rabu) berasal dari Woden (Odin),pemimpin para dewa Skandinavia;Thursday (Kamis) dari Thor,dewa Guntur ;nama Freya (atau Fringga),dewi persahabatan, diambil namanya untuk Friday (Jum’at) ;dan Saturday (Sabtu) dari Saturnus.

Mengapa Februari Mempunyai 29 Hari pada Tahun Kabisat?

Sekitar 2000 tahun lalu, Julius Caesar mengatur kembali penanggalan dengan menambahkan satu hari setiap empat tahun. Dia mengikuti saran astronomer Yunani, Sosigenes. Perubahan ini penting karena bumi perlu 365 hari, 5 jam, 48 menit dan 46 detikuntuk mengelilingi matahari. Orang romawi menyadari hal itu karena dengan 365 hari dalam setahun, perayaan-perayaan tidak selalu berada pada musim yang sama . Pada tahun 1582, Paus Gregory XIII membuat system yang lebih akurat dengan menetapkan bahwa tahun-tahun abad (seperti 1700,1800,1900 dan seterusnya) sebaiknya tidak dianggap sebagai tahun kabisat kecuali bisa dibagi 400. Jadi tidak ada tanggal 29 Februari pada tahun 1900 tapi pada tahun 2000.

Apakah Pasir Bernyani (Singing Sands) itu?

Ada sekitar 100 daerah berpasirdi dunia yang menghasilkan musik atau lengking mengerikan bila ada orang berjalan melewatinya. Suaranya bermacam-macam, demikian juga dengan penjelasan keberadaannya. Di Afghanistan, suara mirip drum di Reg Ruwan dipercaya merupakan suara hantu manusia berkuda yang sedang memasang tapal kuda di gua bawah tanah. Sementara suara-suara yang terdengar di pantai Hawaii dipercaya merupakan tangisan orang-orang mati, walaupun sebagianj orang mengatakan suara itu lebih mirip salakan anjing pemburu. Pasir bernyanyi juga ada di pulau-pulau kecil di Inggris. Beberapa yang terkenal adalah Studland Bay di Dorset, Bamburgh di Northumberland, Fort Oer di North Wales dan Eigg di Hebrides. Penyebab munculnya suara tidak pernah bisa dijelaskan dengan memuaskan. Namun pada umumnya, penyebabnya adalah terdesaknya udara yang bergerak mengisi ruang-ruang sempit di antaranya butiran-butiran pasir ketika orang berjalan di atasnya.

Apa yang Dimaksud dengan Pasir Penghisap?

Pasir penghisap adalah campuran antara pasir dan air yang biasanya ditemukan di gundukan-gundukan di air sungai. Di bawahnya terdapat lapisan tanah liat yang menghentikan aliran air dan membuat pasir tidak terlalu padat. Tidak benar bila orang yang melewatipasir penghisap akan dihisap dengan cepat sampai mereka lenyap di dalamnya. Sebenarnya, mereka malah bisa mengambang lebih mudah di dalam air, karena pasir akan mendukung tubuh lebih daripada saat di air.

Apakah Itu Stradivarius?

Itu adalah biola. Selama 200 tahun, keluarga Amati dari Cremona, Italia, membuat biola yang hebat. Salah satu pemagang di keluarga itu Antonio Stradivarius. Biola Stradivarius menghasilkan nada-nada yang indah. Biola itu sangat berharga. Sekarang Stradivarius dianggap sebagai pembuat biola terbesar sepanjang masa.

Siapa Penemu Klarinet?

Klarinet adalah alat musik tiup buluh tunggal. Klarinet dalam bentuknya sekarang diciptakan oleh Johann Christoph Denner pada tahun 1700. Instrumen ini sering dimainkan bersama orkestra dan musisi jazz sejak 1920.

Siapa Penemu Saxophone?

Saxophone ditemukan sekitar 1840 oleh seniman Belgia Adolphe Sax. Instrumen ini pertama kali diperkenalkan kepada publik pada tahun 1844 di Paris , tempat Sax membangun sanggar. Dikatakan bahwa alat musik ini dilekatkan dengan senar dan dilapisi dengan lilin.

Mengapa Peta Digambar Dengan Arah Utara di Atas?

Sebenarnya tidak masalah arah apa yang diletakan di atas peta. Tapi selama bertahun-tahun, menggambar peta dengan arah utara di atas sudah menjadi praktik standar. Kesepakatan dicapai pada tahun 160 M ketika ahli astronomi dan ilmuwan Mesir, Claudius Ptolemy menggambar peta dunia yang dikenal saat itu. Dia meletakan utara di atas, dan sejak saat itu, semua pembuat peta mengikutinya.

Apa Kalimat Pertama yang Diucapkan di Bulan?

“That’s one small step for Man, one giant leap for mankind” (ini satu langkah kecil untuk seorang manusia, satu lompatan besar bagi umat manusia), diucapkanNeil Amstrong saat mendarat di bulan tahun 1969.

Apa Komik Pertama?

Komik pertama adalah Comic Cuts yang diterbitkan 17 Mei 1890. Edisi pertama tidak dibagi dalam bidang-bidang seperti yang kita kenal sekarang dan lebih banyak memuat kata daripada gambar. Komik dengan bidng-bidang bergambar pertama diterbitkan dalam Comic Cuts, 7 Juni 1890. Comic Cuts ditulis bagi orang dewasa dan baru 30 tahun kemudian terbit komik pertama untuk anak-anak yang berjudul The Rainbow.

Apakah Batik Itu?

Batik adalah pewarnaan kain khas Indonesia. Lilin sering disebut ‘malam’ ditempelkan di tempat-tempat yang tidak diwarnai, kemudian kain dicelupkan dalam pewarna dingin. Untuk melepaskan lilin, kain dimasukan dalam air panas. Proses ini dilakukan beberapa kali dengan pola dan warna berbeda.

Di mana Segitiga Bermuda Itu?

Segitiga Bermuda meliputi wilayah yang luas di Samudera Pasifik antara Bermuda, Puerto Rico dan Miami. Banyak kisah-kisah aneh muncul tentang hilangnya kapal dan pesawat terbang di daerah itu secara misterius. Tapi benyak juga kisah aneh tentang tempat-tempat lain di dunia, dan biasanya dilebih-lebihkan dari mulut ke mulut. Tidak mungkin mengatakan dengan pasti mana misteri Segitiga Bermuda yang berupa fakta dan mana yang bukan.

Benarkah Ada Orang yang Ketakutan Pada Kamar yang Berantakan?

Benar, yang ketakutan tanpa alsan pada kamar yang berantakan dikatan menderita ataxiophobia.

Mengapa Tombol Mesin Tik Diatur Dalam Urutan Tertentu?

Sekilas, tombol-tombol mesin tik sepertinya diletakan tak beraturan. Pada baris pertama misalnya, adalah QWERTYUIOP. Ada alasan untuk pengaturan yang aneh ini. Ketika Christoper Latham Sholes dan rekan-rekannya menemukan mesin ketik pertama ada tahun 1873, mereka mendapat kesulitan dengan tombol-tombol yang saling bentrok. Untuk mengatasinya, mereka mengatur tombol-tombol sedemikian rupa sehingga huruf-huruf yang paling sering dipakai dalam bahasa Inggris diletakan berjauhan. Rancangan ini terbukti sukses besar, sehingga cara penempatan itu masih digunakan sampai sekarang.

Apa yang Terjadi Pada Kepala Sir Walter Raleigh Setelah Dipenggal ?

Menurut legenda, setelah dihukum pancung pada tahun 1618, kepala Raleigh disimpan oleh istrinya. Dia selalu membawa kepala itu dalam tas selama 29 tahun, sampai dia sendiri meninggal.

Siapa Penemu Mesin Tik?

Henry Mills, seorang insinyur dari Inggris, mendapatkan paten pada tahun 1714 untuk sebuah mesin yang berfungsi menekan huruf ke kertas. Dalam 150 tahun kemudian, banyak mesin untuk menulis lain diciptakan, sebagianberhasi dan sebagian tidak. Baru pada tahun 1873, pelopor mesin tik modern diperkenalkan. Christoper Latham Sholes, Carlos Glidden dan Smuel Soule membujuk Remington company untuk memproduksi rancangan mereka. Kesepakatan tercapai dan mesin tik mereka masuk pasaran.

Apakah Itu Touch-typing?

Touch-typing adalah kemampuan menggunakan mesin tik tanpa melihat tombol-tombol huruf. Pengguna mesin tik menggunakan semua jari agar mencapai hasil paling efektif.

Mengapa Kita Memakai Lambang ‘&’ untuk ‘dan’ ?

Simbol ‘&’ (ampersand) beasal dari kata latin ‘et’ (yang artinya ‘dan’). Ampersand adalah ‘e’ dan ‘t’ dari ‘et’ disambung. Apersand dipakai dalam ratusan bahasa di seluruh dunia.

Siapa yang Memasang Papan Nama HOLLYWOOD yang Terkenal Itu ?

Pada tahun 1923, M.H. Sherman menjual rumah di Los Angles. Untuk mengiklankan rumah-rumah itu, dia memasang papan reklame besar di Lee Mountain dengan nama perumahan ‘HOLLYWOODLAND’. Pada tahun 1944, perusahaan pengembang perumahan tersebut pindah dari daerah itu dan menjual 182 hektar tanah, termasuk papan namanya, kepada Los Angles Parks Departement. Lima tahun kemudian, daerah itu dibangun kembali dan kata ‘land’ diambil. Pada tahun 1973, papan nama baru dipasang dan diresmikan 14 November 1978.

Siapakah yang Mengebom Hiroshima dan Pesawat Apakah yang Digunakan?

Puls Warfiels Tibbets yang melakukan pengeboman di Hiroshima pada 6 Agustus 1945 dan menewaskan 140.000 orang itu tak menyesal hingga ia meninggal Sabtu (31-10-2007). “Ribuan tentara dan keluarga mereka mungkin tidak akan hidup hingga hari ini, jika kami tidak melakukan invasi ke kepulauan Jepanguntuk mengakhiri perang”,kata-kata itu muncul dari Puls Warfiels Tibbets pilot sekaligus komandan pesawat B-29 ‘Enola Gay’ yang menjatuhkan bom atom pertama di dunia seberat 5 ton di Hiroshima, Jepang, saat berkecamuk perang dunia ke-II. Pada peringatan 60 tahun bom Hiroshima, 3 kru ‘Enola Gay’ yang masih hidup, termasuk Tibbets, menyatakan tak menyesal, karena bom atom itu merupakan peristiwa penting dalam sejarah. Dengan dijatuhkannya bom ke Hiroshima, Jepang menyerah kepada sekutu, dan kekalahan Jepang juga juga membawa sejarah bagi Indonesia yang saat itu sedang dijajah Jepang, karena pada 17 Agustus 1945 Bung Karno dan Bung Hatta memproklamasikan kemerdekaan RI. Sejumlah warga Jepang yang selamat dalam serangan bom atom menyesalkan Tibbets, karena meninggal tanpa pernah minta maaf. Nori Tohei (79) warga Hiroshima yang selamat dalam tragedi itu mengatakan,”Tibbets tak minta maaf dengan alasan serupa pemerintah AS, yakni pemboman menyelamatkan jutaan warga AS dan Jepang dengan pengakhiran perang.” Hasil rekaman video bom atom Hiroshima dan Nagasaki, menunjukan bahwa Tibbets dan kru ‘Enola Gay’ hanya diperintahkan memakai kaca mata hitam sebelum menjatuhkan bom atom, dansetelah menjatuhkan bom harus segera menghindar. Tapi setelah menghindar jauh, Tibbets dan krunya ternganga melihat bola api raksasa yang kemudian menimbulkan kepulan asap merah dan hitam mirip jamur. Publik menduga Tibbets tak tahu jenis bom yang akan ia jatuhkan ke Hiroshima, dan baru tahu yan dijatuhkannya dari ketinggian maksimum adalah senjata pemusnah missal, yakni bom atom yang kondang disebut bom nuklir. Tibbets pun tak menduga bahwa bom yang dijatuhkannya telah membuat Hiroshima rata dengan tanah, dan menelan 140.000 nyawa dan ratusan ribu orang cacat dan sakit menahun karena terkena radiasi.

Bagaimana Jam Matahari Tercipta?

Jam mtahari kemungkinan ditemukan oleh orang-orang yang memperhatikan perubahan panjang dan arah bayangan pada siang hari. Orang-orang di masa lalu itu muu-mula menggunakan tongkat dan kemudian berkembang menadi jam matahari.

Apakah Unsur Itu?

Semua benda terdiri atas unsur-unsur. Unsur adalah zat yang tidak bisa dibagi lagi dalam bentuk yang lebih sederhana.Definisi ini dikemukakan oleh ahli kimia Robert Boyle pada abad-17 dan masih digunakan sampai sekarang.

Berapa Banyak Unsur yang Ada?

Terdapat 94 unsur alami: 2 cair, 11 gas dan 81 padat.

Gas Apa Saja yang Ditemukan di Udara?

Udara terdiri atas campuran gas-gas. Gas paling utama adalah oksigen dan nirtrogen. Ada juga sejumlah kecil karbondioksida, argon, neon, helium, xenon, dan krypton.

Apa yang Dimaksud Dengan Lubang Hitam?

Bintang-bintang terbesar di alam semesta (jauh lebih besar dari pada matahari kita) tidak akan lenyap dalam periode jutaan tahun seperti massa yang lebih kecil. Bintang-bintang itu baru lenyap bila terjadi ledakan nuklir yang sangat besar. Ledakan yang dikenal sebagai supernovae terjadi bila gravitasi bintang menjadi sangat kuat sehingga menghancurkan dirinya sendiri. Tetapi pada beberapa bintang.gravitasinya amat besar sehingga penghancuran terus menerus terjadi, merusak segala sesuatu di dalamnya. Kepadatan benda itu terus meningkat dan memaksa gravitasi terus meningkat pula, sampai tak ada satupun yang bebas dari pengaruhnya, bahkan cahaya sekalipun.Hasilny a adalah ‘lubang hitam’. Apapun yang masuk kedalam tarikan gravitasi objek tersebut tidak bisa melarikan diri. Meskipun tak tampak, lubang hitam bisa dideteksi dengan satelit sinar-X. Lubang hitam pertama ditemukan di system perbintngan Cygnus tahun 1972.

Seberapa Jauh Halilintar Itu?

Jarak antara halilintar dan pengamatnya dapat dihitung dengan interval antara terlihatnya sinar dengan didengarnya guntur. Karena cahaya lebih cepat daripada suara, maka kita melihat cahaya dulu sebelum mendengar gemuruh guntur. Interval 5 detik sama dengan jarak 1,6 kilometer (1 mil).

Apa Penyebab Halilintar?

Halilintar adalah percikan listrik yang amat besar. Ini disebabkan loncatan listrik dari satu awan kea wan lain, atau dari awan ke bumi. Halilintar terjadi karena perbedaan kutub positif dan negatif yang tercipta di antara awan-awan atau di antara awan dan tanah selama badai. Ketika perbedaan itu menjadi terlalu besar, terjadi pelepasan listrik sehingga timbul cahaya raksasa.

Mengapa Susu Menjadi Asam Saat Hujan Badai?

Mikroorganisme yang disebut bakteri laktik ditemukan di dalam susu. Cuaca yang hangat mempercepat pertumbuhan bakteri ini. Organisme tersebut menghasilkan asam laktik. Terlalu banyak asam asam laktik menyebabkan kasein dan garam asam di dalam susu terpisah –yang disebut sebagai peristiwa ‘pengentalan’- dan susu menjadi asam

Siapa Penemu Hovercraft?

Hovercraft ditemukan oleh Christoper Cokerell. Untuk menguji teorinya, model uji pertemanya dibuat dari sebuah kaleng. Kaleng kopi dan pengering rambut.

Bagaimana Ember Bisa Memacu Perang?

Pada tahun 1352, sekelompok pria dari negara Modena, Italia, mencuri sebuah ember kayu dari negara Bologna. Ini menyebabkan perkelahian di antara dua kelompok yang kemudian berlanjut dengan perang selama 12 tahun.

Kapan Cleopatra Meninggal?

Cleopatra bunuh diri pada tahun 30 SM setelah mengetahui bahwa kekasihnya, Marcus Antonius (Mark Anthony), penguasa Kekaisaran Romawi Timur, telah bunuh diri. Sesuai tradisi, Cleopatra meracuni dirinya sendiri dengan membiarkan ular berbisa menggigitnya.

Mengapa Mekkah Sangat Penting Bagi Kaum Muslim?

Nabi umat Islam, Muhammad, lahir di Mekkah tahun 570 M. Mekkah adalah kota suci Islam. Muslim harus menghadap ke Mekkah (kiblat) saat sholat dan naik haji ke Mekkah setidaknya sekali seumur hidup.

Sekuat Apa Seekor Semut?

Seekor semut sangat kuat dan bisa mengangkat 50 kali lebih berat dari tubuhnya.

Mengapa Kucing Berkumis?

Kumis kucing tertanam dalam jaringan yang mempunyai banyak saraf. Ini membuat kumis tersebut sangat sensitive, sehingga bisa dipakai mengukur lebar lubang atau merasakan benda di dekatnya saat tak ada cahaya.

Apakah Atlantis Itu?

Menurut legenda, Atlantis adalah kota indah yang tenggelam di bawah laut. Selama berabad-abad, orang berusaha mencari kepastian apakah cerita itu benar atau tidak. Reruntuhan kota kuno memang ditemukan di dasar laut, tetapi apakah itu bagian dari Atlantis atau bukan masih belum diketahui.

Mengapa Batu bata Tidak Disusun Simetris?

Kalau kamu melihat bangunan batu bata, kamu akan melihat batu bata tidak disusun lurus dengan batu bata yang di bawah dan di atasnya. Kalau susunannya lurus, gedung itu akan mudah ambruk! Batu bata ditata tidak simetris agar masing-masing batu bata mendukung yang ada di sebelahnya, dan tidak ada susunan vertikal yang berurutan.

Siapa Penemu Televisi?

Insinyur listrik Skotlandia bernama John Logie Baird.

Kapan Siaran Televisi Televisi Publik Pertama Kali Diudarakan?

Siaran televisi publik pertama kali dilakukan oleh BBC pada 30 September 1929.

Logam Apa yang Cair?

Pada suhu normal hanya satu yang cair, yaitu merkuri (air raksa). Air raksa akn padat pada suhu 40°C (120°F).

Apa Anjing Peliharaan Terkecil?

Chihuahua, beratnya hanya 0, kg. Namanya berasal dari nama kota pertambangan di Meksiko. Anjing terkecil lain adalah toy poddle dan yorkshire terrier. Rekor anjing terkecil lain adalah yorkshire terrier yang beratnya 113 gram.

Mengapa Kucing Mencakar-cakar Perabotan Rumah?

Mereka melakukannya untuk mengasah kukunya. Biasanya hanya kucing yang menghabiskan lebih banyak waktu di dalam rumah yang melakukannya. Sedangkan kucing yang lebih banyak di luar rumah mencari pohon atau pagar untuk mencakar-cakar.

Di mana KamuBisa Menemukan Kucing Tanpa Ekor?

Isle of Man di laut Irlandia adalah tempat hidup kucing tanpa ekor, Manx. Jenis kucing tak berekor lain dapat di Jepang. Diyakini Manx sebenarnya berasal dari Timur Jauh.

Mengapa langit berwarna biru?
Atmosfir bumi mengandung molekul gas kecil dan partikel (butiran) debu. Sinar matahari yang memasuki atmosfir tersebut bertemu dengan molekul gas dan partikel debu tadi. Warna sinar yang memiliki gelombang sinar lebih panjang seperti merah dan kuning, dapat melewati dan menembus molekul gas dan debu tadi. Tetapi warna biru yang memiliki gelombang sinar lebih pendek dipantulkan kembali ke atas atmosfir. Itulah mengapa langit terlihat berwarna biru. Prinsip yang sama berlaku juga dengan air di laut atau danau yang terlihat berwarna biru.

Kenapa HP Disebut Telepon Seluler?
HP (handphone) atau biasa disebut ponsel (telepon seluler) bekerja dengan mengandalkan sinyal yang dipancarkan dari sebuah pemancar dengan frekuensi tertentu. Untuk membagi-bagi daerah agar terdapat frekuensi yang merata pada daerah tersebut maka sebuah daerah atau kota dibagi menjadi seperti sebuah irisan yang digambarkan sebagai irisan berbentuk hexagonal atau disebut dengan sel (cell). Masing-masing sel tersebut dapat mempunyai frekuensi sebanyak 800 dan mempunyai cakupan kisaran sekitar 26 kilometer bujur sangkar. Masing-masing sel mempunyai suatu menara dan suatu bangunan kecil yang berisi peralatan. Saat kita sedang berjalan dengan mengendarai kendaraan, sinyal akan dipancarkan dari sel ke sel oleh suatu tower atau menara dari tiap sel tersebut.

Mengapa Bisa Terjadi Petir?
Petir terjadi akibat perpindahan muatan negatif menuju ke muatan positif. Menurut batasan fisika, petir adalah lompatan bunga api raksasa antara dua massa dengan medan listrik berbeda. Prinsip dasarnya kira-kira sama dengan lompatan api pada busi.

Petir adalah hasil pelepasan muatan listrik di awan. Energi dari pelepasan itu begitu besarnya sehingga menimbulkan rentetan cahaya, panas, dan bunyi yang sangat kuat yaitu geluduk, guntur, atau halilintar. Geluduk, guntur, atau halilintar ini dapat menghancurkan bangunan, membunuh manusia, dan memusnahkan pohon. Sedemikian raksasanya sampai-sampai ketika petir itu melesat, tubuh awan akan terang dibuatnya, sebagai akibat udara yang terbelah, sambarannya yang rata-rata memiliki kecepatan 150.000 km/detik itu juga akan menimbulkan bunyi yang menggelegar.

Mengapa Tubuh Kita Gemetar pada Saat Cuaca Dingin?
Tubuh manusia tidak dapat mengtoleransi suhu yang terlalu rendah maupun terlalu tinggi. Seseorang yang berada di luar ruangan dengan temperatur udara di bawah minus 29oC tanpa mengenakan pakaian yang cukup tebal akan beku dan berakhir pada kematian karena tubuhnya kehilangan panas. Temperatur tubuh normal adalah 37oC, dan ketika temperatur udara lebih rendah dari temperatur tubuh, panas akan mengalir dari tubuh kita. Pada temperatur udara sedang (berkisar antara 15-20oC), tubuh kita tidak terlalu bermasalah, bahkan sesungguhnya temperatur udara sedang sangat dibutuhkan karena tubuh kita memproduksi panas berlebih dari yang kita butuhkan dan harus dilepas sebagian. Suatu kondisi di mana temperatur udara sangat rendah sehingga tubuh melepas terlalu banyak panas sehingga temperatur tubuh turun disebut dengan hypothermia. Penurunan panas tubuh badan antara 1oC hingga 2oC mengakibatkan tubuh gemetar, yang merupakan salah satu usaha tubuh kita untuk menaikkan temperatur tubuh melalui gerakan dari sendi-sendi otot. Penurunan yang lebih drastis lagi mengakibatkan kehilangan kesadaran dan bahkan kematian.

Kebalikan dari kondisi di atas disebut dengan hiperthermia. Hal ini dapat disebabkan oleh tingginya udara di luar maupun faktor dari dalam tubuh kita sendiri yaitu ketika seseorang menderita demam.



  1. wuiih kereen infonya..

  2. wuiih kereen infonya..
    +1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: