A. Heryanto

Penemu Lokomotif

In Bidang Teknologi Transportasi on Februari 19, 2010 at 5:21 pm

George Stephenson (1781-1848) George Stephenson. lahir di Wylam dekat kota Newcastle Inggris pada tanggal 9 juni 1781. ia lahir dari keluarga miskin. ayahnya bekerja sebagai penjaga tungku mesin uap di tambang batu bara. karena miskin George Stephenson tidak dapat sekolah. pada usia 8 tahun ia mulai mencari nafkah sendiri sebagai penggembala sapi. pada usia 14 tahun ia mulai bekerja di pertambangan sebagai pembantu ayahnya. tiga tahun kemudian ia di angkat menjadi juru mesin. dimulai dari sinilah Stephenson mendapat inisiatif untuk menjadikan mesin uap menjadi sesuatu yang lain. setiap hari ia mengamati dan mempelajari mesin uap tersebut dengan tekun meskipun pada saat itu Stephenson masih buta huruf. saat terjadinya perang inggris dan perancis (1798) stephenson ingin tahu sekali dengan berita perang. namun sayang berita-berita tersebut hanya dapat dibaca di koran, sedangkan ia tidak dapat membaca.

Pada usia 19 tahun ia mulai sekolah di sebuah sekolah malam dekat rumahnya. pada usia 32 tahun Stephenson menikah dengan Frances Herderson dan di karuniai anak diberi nama Robert Stephenson. kehidupan keluarganya saat itu masih miskin. untuk mencukupi keluarganya Ia mencari nafkah tambahannya dengan jalan bekerja sebagai tukang arloji,tukang lampu,tukang jahit sepatu. Ia tidak pernah puas dengan apa yang di capainya. Ia belajar dengan rajin sekali sampai tahu selik beluk mesin uap. Hingga akhirnya ia menjadi ahli mesin satu satunya di seluruh tambang batu bara di killingworth.

Pada tahun 1814 George Stephenson berhasil membuat lokomotif yang di beri nama Blucher. lokomotif ini dapat menarik 8 gerbong yang berisi 30 ton batu bara dengan kecepatan 6,4 km per jam. kemudian menciptakan locomotion(1821), lokomotif rocket(1829), atlas dan patentee. juga menemukan lampu nyambang, jam weker. Dialah orang yang pertama berhasil membuat kerta api dan memasang rel kereta api di dunia. Kereta api yang pertama adalah kereta api batu bara dari Stocktan ke Darlington.

Kereta api pertama yang mengangkut penumpang menghubungkan kota Liverpool dan Manchester (15 September 1830). Panjang relnya hanya 64 kilometer. George Stephenson meninggal dunia pada tanggal 12 agustus tahun 1848 di kota Chesterfield Inggris. Berawal dari sinilah kereta api berkembang sampai sekarang dan semua lokomotif uap pada dasarnya meniru model buatan George Stephenson.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: