A. Heryanto

Penemu Radio

In Bidang Elektronika on Februari 19, 2010 at 5:35 pm

GUGLIELMO MARCONI(1874-1937) adalah penemu radio yang lahir di Bologna ITALIA, Heinrich Hertz(Joseph Henry) adalah penemu gelombang elektromagnetik yang tak tampak oleh mata, bergerak lewat udara dengan kecepatan suara.karena lahir dari kalangan berada, Penemu radio ini mendapat pendidikan privat. ide G Marconi untuk menciptakan radio tercetus dari penemuan Heinrich Hertz di usianya yang ke 20.

Dengan memanfaatkan gelombang elektromagnet tersebut untuk mengirim tanda atau pesan ke lokasi yang jauh tanpa menggunakan media lain seperti kabel. hanya setahun kerja keras dengan percobaan-percobaannya,G Marconi berhasil memproduksi peralatan yang diperlukan.
Tahun 1896 dia memperagakan alat penemuannya di Inggris dan memperoleh hak paten pertamanya untuk penemuan ini. Marconi bergegas mendirikan perusahaan Tahun berikutnya dia sudah mampu mengirim berita tanpa menggunakan kabel menyeberang selat Inggris.

Di tahun 1901 dia berhasil mengirim berita radio melintasi Samudera Atlantik, dari Inggris ke Newfoundland. pada tahun 1909 G Marconi mendapatkan hadiah nobel untuk temuannya.
berita-berita yang dikirim masih menggunakan sistim kode Marconi.dan sekitar tahun 1915 baru dapat mengirim berita berupa suara.dan penyiaran radio komersial mulai tahun 1920-an. Pada tahun 1915,G Marconi melakukan eksperimen pada gelombang pendek dan komunikasi microwave.

Dia menghembuskan nafas terakhir di Roma tahun 1937.
penemuam G Marconi merupakan pencetus awal ditemukannya perangkat-perangkat lain yang memanfaatkan gelombang elektromagnet seperti:televisi,telepon,dan lain-lain. komunikasi tanpa menggunakan kabel sangat berguna di segala bidang.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: